Sistem Perijinan Elektronik

 Persyaratan Perijinan
 

Rekomendasi Izin Pertunjukan/Hiburan

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 3 lembar.
  • Fotocopy NPWPD/Fiskal sebanyak 3 lembar.
  • Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha skala kecil sebanyak 3 lembar.
  • Fotocopy SIUP skala kecil sebanyak 3 lembar.
  • Neraca Perusahaan 3 lembar.
  • Pas Foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
  • Materai 6000 sebanyak 3 lembar.

Biaya Retribusi Izin: : Rp. 300.000,-

 

Surat Izin Tempat Usaha (SITU) skala kecil

  • Surat Keterangan Persetujuan Tidak Keberatan dari Tetangga sekitarnya atau tetangga yang berbatasan langsung dengan diketahui oleh Ketua RT/RW dan Kepala Desa .
  • Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) skala kecil yang sesuai peruntukan tempat usaha .
  • Fotocopy Surat Bukti Kepemilikan Hak atas Tanah dan Bangunan bagi permohonan di atas tanah/bangunan milik sendiri atau surat perjanjian kontrak/sewa menyewa bagi permohonan di atas tanah/bangunan yang dikontrak/sewa.
  • SITU bagi pemohon yang pernah memiliki izin atau untuk pengurusan SITU perubahan/perubahan usaha.
  • Surat Keterangan dari Kepala Desa.
  • Surat Keterangan Domisili dari Kepala Desa .
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar.
  • Mengisi formulir yang telah disediakan .
  • Surat Keterangan Laik Sehat dari Puskesmas (Khusus Izin Usaha Bidang Kesehatan) .

Biaya Retribusi Izin: Rp. 150.000

 

Izin Toko Obat

  • Fotocopy Ijazah Asisten Apoteker selaku Penanggung Jawab Toko Obat .
  • Fotocopy Surat Izin Kerja Asisten Apoteker selaku penanggung jawab Toko Obat .
  • Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha (SITU) .
  • Fotocopy NPWP .
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik Toko Obat .
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asisten Apoteker .
  • Pas Foto berwarna terbaru 4 x 6 sebanyak 2 lembar pemilik Toko Obat .
  • Surat Pernyataan dari Asisten Apoteker sebagai Penanggung Jawab Teknis Toko Obat .
  • Denah bangunan toko obat.
  • Surat yang menyatakan status bangunan dalam bentuk Akte hak milik/sewa/kontrak.
  • Surat Perjanjian Kerjasama antara pemilik sarana Toko Obat dengan Asisten Apoteker penanggung jawab Toko Obat.

Biaya Retribusi :

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Surat Izin Akufuntur dan Reffaksionis:

  • Fotocopy Ijazah Pendidikan Refraksionis Optisien yang telah dilegalisir .
  • Fotocopy Surat Izin Refraksionis Optisien (SIRO) yang masih berlaku .
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Pas Foto berwarna terbaru 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas.
  • Surat Keterangan dari pimpinan sarana pelayanan kesehatan yang menyatakan tanggal mulai bekerja sebagai Refraksionis Optisien.

Biaya Retribusi Izin Akufuntur dan Izin Refleksionis sebesar Rp.50.000,00

 

Izin Pengobatan Tradisional, Shines dan Tabib

  • Mengisi Formulir A.
  • Mengisi Formulir B.
  • Fotocopy KTP.
  • Surat Keterangan Kepala Desa.
  • Rekomendasi dari Organisasi Profesi.
  • Fotocopy Ijasah Pengobatan Tradisional.
  • Surat Pengantar Puskesmas Setempat.
  • Pasphoto Ukuran 4 x 6 sebanyak 2 Lembar.
  • Rekomendasi Kejaksaan Kabupaten.

Biaya Retribusi :

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Izin Tukang Gigi

  • Fotocopy Ijasah Pendidikan Perawat Gigi .
  • Fotocopy SIPG .
  • Surat Keterangan Sehat Dari Dokter .
  • Pas Fhoto 4 x 6 sebanyak 2 Lembar .
  • Rekomendasi dari Organisasi Profesi .

Biaya Retribusi Izin Tukang Gigi :

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Izin Optikal

  • Memiliki Ahli Repraksionis Opfisien yang berizasah Depkes .
  • Memiliki Ruang Kerja Optikal Sendiri .
  • Memiliki Ruang Pemeriksaan .
  • Memiliki Ruang Tamu .
  • Memiliki Ruang Laboratorium .
  • Fotocopy Akta Pendirian .
  • Fotocopy KTP .
  • Surat Keterangan Dokter Sehat Jasmani dan Rohani.

Biaya Retribusi Izin Optikal :

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Izin Kesehatan Jasa Boga dan Katering

  • Surat Permohonan .
  • Fotocopy KTP.
  • Pas photo warna 3x4 (dua) lembar.
  • Salinan Izin Tempat Usaha (SITU, SIUP) skala kecil.
  • SP (Sertifikat Penyuluhan).
  • Daftar Pegawai (KIR Kesehatan Pegawai, Ijazah Keahlian).
  • Pernyataan Penanggungjawab Catering.
  • SPPL.
  • Surat Laik Sehat dari Puskesmas.

Biaya Retribusi Izin Kesehatan Jasa Boga dan Katering.

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut Retribusi.

 

Izin Pusat Kebugaran

  • Fotocopy KTP .
  • Peralatan Sarana dan Prasarana yang digunakan.
  • Surat Laik Sehat dari Puskesmas .

Biaya Retribusi Izin Pusat Kebugaran sebesar Rp.100.000, -

 

Izin Pengecer Pestisida

  • Surat Permohonan .
  • Fotocopy KTP.
  • Pas photo warna 3x4 (dua) lembar.
  • SITU/SIUP skala kecil.
  • Denah Lokasi.
  • Daftar Karyawan/KIR Kesehatan Pegawai.
  • Daftar nama-nama produk yang disalurkan.
  • Surat Rekomendasi dari Puskesmas.

Biaya Retribusi Izin Pengecer Pestisida .

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Perorangan Skala Kecil

Perusahaan berbentuk Koperasi:

  • Fotocopy Akte Pendirian Koperasi.
  • Fotocopy KTP Pengurus.

Perusahaan berbentuk CV skala kecil:

  • Fotocopy Akte Pendirian Perusahaan.
  • Fotocopy KTP atau Paspor Penanggung Jawab/Pengurus.
  • Fotocopy Izin Usaha atau Surat Keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi teknis.
  • Fotocopy SITU skala kecil.

Perusahaan berbentuk Perseorangan:

  • Surat Keterangan dari Desa.
  • Fotocopy KTP atau Paspor Penanggung Jawab/Pengurus.
  • Fotocopy Izin Usaha atau Surat Keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi teknis.

Bentuk Perusahaan lain:

  • Surat Keterangan dari Desa;
  • Fotocopy KTP atau Paspor Penanggung Jawab/Pengurus.
  • Fotocopy Izin Usaha atau Surat Keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh instansi teknis.
  • Fotocopy SITU skala kecil.

Biaya Retribusi Izin:

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi

 

Izin Salon skala kecil

  • Surat Permohonan.
  • Fotocopy KTP.
  • Pas photo warna 3x4 (dua) lembar.
  • SITU skala kecil.
  • Denah Lokasi.
  • Daftar Pegawai (KIR Kesehatan Pegawai, Ijazah Keahlian) .
  • Daftar Alat/Bahan Kosmetik.
  • Surat Laik Sehat dari Puskesmas.

Biaya Retribusi Izin Salon skala kecil sebesar Rp.50.000,-

 

Izin Usaha Industri (IUI) skala kecil dan Perluasan Usaha skala kecil

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy NPWPD sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy Laik Sehat sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy Rekomendasi dari Kehutanan 5 lembar.
  • Neraca Perusahaan 5 lembar.
  • Pas Foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
  • Materai 6000 sebanyak 3 lembar.

Biaya Retribusi Izin:

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Tanda Daftar Industri (TDI) skala kecil

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy NPWPD sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy Laik Sehat sebanyak 5 lembar.
  • Fotocopy Rekomendasi dari Kehutanan Kecamatan 5 lembar.
  • Neraca Perusahaan 5 lembar.
  • Pas Foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
  • Materai 6000 sebanyak 3 lembar.
  • Membawa stempel perusahaan industri.

Biaya Retribusi Izin:

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi

 

Izin Angkutan Barang di Jalan

  • Fotocopy NPWP.
  • Fotocopy Akte Pendirian Badan Hukum.
  • Fotocopy KTP.
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
  • Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha skala kecil.
  • Pernyataan kesanggupan untuk menyediakan pool kendaraan.
  • Fotocopy surat-surat kendaraan yang sesuai peruntukkannya.
  • Syarat-syarat lain yang ditentukan sesuai dengan jenis dan klasifikasi muatan.

Biaya Retribusi Izin :

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Izin Bahan Galian Golongan C (Mineral Non Logam) skala kecil

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemohon yang masih berlaku.
  • Surat Pernyataan /surat-surat tanah lokasi yang dimohon.
  • Rekomendasi Kepala Desa setempat.
  • Rekomendasi dari Instansi terkait.
  • Uraian singkat rencana penambangan.
  • Peta lokasi yang jelas dan lengkap dengan skala 1 : 1.000.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD).
  • Tanda Lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • Akte Pendirian bagi perusahaan yang berstatus badan hukum.
  • Membayar biaya pendaftaran SIPD.
  • Berkas disampaikan dalam rangkap 3 (tiga).

Biaya Retribusi Izin:

  • Biaya Pendaftaran dan Uang Jaminan/Garansi Bank :
  • Biaya Pendaftaran Rp.200.000,00
  • Uang Jaminan/Garansi Bank Rp. 2.500,00/M3

Biaya Administrasi Pengurusan SIPD Bahan Galian Golongan C skala kecil:

Luasan (Ha) Biaya Administrasi

  • 0,1 0,5 Rp. 300.000,00
  • 0,6 1,0 Rp. 400.000,00
  • 1,1 2,0 Rp. 500.000,00
  • 2,1 3,0 Rp. 600.000,00
  • 3,1 4,0 Rp. 700.000,00
  • 4,1 5,0 Rp. 800.000,00
  • 5,1 Seterusnya Rp.1.000.000,00

Selain surat permohonan untuk mendapatkan Perpanjangan Izin Penggalian dan Pengolahan Bahan Galian Golongan C harus melampirkan:

  • Menyampaikan Surat Permohonan perpanjangan Surat Izin Pertambangan Daerah (SIPD) Bahan Galian Golongan C skala kecil Kepada Bupati Malinau, melalui Camat diatas kertas bermaterai Rp.6000,-
  • Surat Permohonan Perpanjangan Izin Pertambangan Daerah (SIPD) Bahan Galian Golongan C skala kecil dengan melampirkan:
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemohon yang masih berlaku.
  • Fotocopy SIPD yang masih berlaku.
  • Rekomendasi Kepala Desa setempat.
  • Rekomendasi dari instansi terkait.
  • Surat pernyataan/surat-surat tanah lokasi yang dimohon.
  • Uraian singkat rencana penambangan.
  • Peta lokasi yang jelas dan lengkap dengan skala 1 : 1.000.
  • Fotocopy Bukti pembayar pajak bahan galian golongan C skala kecil.
  • Nomor pokok wajib pajak daerah (NPWPD).
  • Tanda Lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • Fotocopy Laporan Produksi.

Apabila SIPD sudah habis masa berlakunya maka permohonan dianggap baru;

  • Membayar biaya perpanjangan SIPD;
  • Berkas disampaikan dalam rangkap 3 (tiga).

 

Izin Rumah Makan/Warung skala kecil

  • Surat Permohonan .
  • Salinan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) skala kecil s esuai dengan fungsi usahany a.
  • Salinan Izin Tempat Usaha (SITU) skala kecil.
  • Data-data fasilitas kegiatan usaha yang bersangkutan.
  • Salinan Fiskal/NPWP yang masih berlaku.
  • Akte pendirian perusahaan.
  • Surat keterangan kepemilikan dari pemerintah desa setempat.
  • Salinan KTP.
  • Pas photo warna 4x6 (dua) lembar.
  • Surat Laik Sehat dari Puskesmas.

Untuk mendaftar ulang Izin Usaha Rumah Makan skala kecil , selain surat permohonan, harus melampirkan:

  • Izin Usaha yang telah dimiliki sebelumnya.
  • Laporan Perkembangan Usaha.

Biaya Retribusi Izin:

  • Izin Rumah Makan skala kecil Rp. 50.000,-
  • Izin Restoran skala kecil Rp.150.000,-

 

SIUP Kecil

Perusahaan Berbentuk Koperasi:

  • Copy Akta Pendirian Koperasi yang telah mendapatkan pengesahan dari instansi berwenang.
  • Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pimpinan/Penanggung jawab Koperasi .
  • Copy NPWP Koperasi.
  • Neraca Awal Koperasi .

Perusahaan yang tidak berbentuk Perseroan Terbatas dan Koperasi:

a.Perusahaan Persekutuan skala kecil :

  • Copy Surat Akta Pendirian Perusahaan/Akta Notaris yang telah didaftarkan pada Pengadilan Negeri.
  • Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik/Penanggung jawab Perusahaan.
  • Copy NPWP Perusahaan.
  • Copy Surat Izin Tempat Usaha (SITU) skala dari Kecamatan setempat bagi kegiatan Usaha Perdagangan yang dipersyaratkan SITU skala kecil berdasarkan ketentuan Undang-Undang Gangguan (HO).
  • Neraca Awal Perusahaan.

b.Perusahaan Perorangan:

  • Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik/Penanggung jawab Perusahaan .
  • Copy NPWP Perusahaan .
  • Copy Surat Izin Tempat Usaha (SITU) skala kecil dari Kecamatan setempat bagi kegiatan Usaha Perdagangan yang dipersyaratkan SITU skala berdasarkan ketentuan Undang- U ndang Gangguan (HO) .
  • Neraca Awal Perusahan.

Biaya Retribusi Izin:

Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak dipungut retribusi.

 

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) skala kecil

  • Permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) skala kecil dari Pemilik Bangunan.
  • Foto Copy Sertifikat Tanah .
  • Gambar Bangunan /Sket Lokasi .
  • Foto Copy Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
  • Surat Keterangan Tidak Keberatan Tetangga (HO).
  • Surat Keterangan Membangun dari Kepala Desa Setempat.
  • Foto Copy KTP (2 lembar ) .

Biaya Retribusi Izin: Biaya Administrasi Rp.100.000,00.

Sesuai Bab V Retribusi Izin Bangunan (Perda Kab.Malinau Nomor 5 Tahun 2001).

 

 

 

Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau © 2012